Wilujeng Sumping di:
SMA Negeri 1 Kadugede[SMANSAKA]


Member Login

Register | Loss password?
Kepsek Delayota smansakaoke smansakaoke
SMA Negeri 1 Kadugede : Mempersiapkan dan mengantarkan anak didik mencapai cita-cita luhur,berkualitas,dan mampu bersaing ditingkat global, dengan didasari semangat kerja keras dedikasi tinggi dan kearifan lokal.
Pencarian
Banner
MPLSedukasi
Login Member
Username:
Password :
Statistik

Total Hits : 373432
Pengunjung : 89338
Hari ini : 29
Hits hari ini : 35
Member Online : 11
IP : 75.101.220.230
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

puyuh02    
Agenda
25 September 2020
M
S
S
R
K
J
S
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10

Thank You So Much SAKALIST & SAKAKU, SMANSAKA..

Tanggal : 23-05-2015 12:10, dibaca 962 kali.



Penulis: Fiona Artha Adikusima 


"Thank you so much SAKALIST... Tidak ada kata-kata lagi yang dapat aku sampaikan kepadamu selain ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya. Aku senang dapat menjadi bagian pertama darimu, separuh dari dirimu."

Itulah kata-kata kebanggaan yang dapat Aku sampaikan pada tempatku di masa abu-abu. Seperti yang dikatakan oleh para pujangga diluar sana, bahwa masa abu-abu adalah masa-masa terindah dalam hidup seseorang, dimasa itulah kita banyak merasakan manisnya kehidupan tetapi tidak mengurangi makna dalam kehidupan itu sendiri, toh dalam kenyataannya ada juga getirnya kehidupan yang dapat ditemukan dan dirasakan dalam masa SMA, putus cinta misalnya atau ditolak si doi.
Masa-masa SMA telah berlalu, banyak sekali pelajaran yang dapat aku terima dan bahkan diantara pelajaran itu tak sedikit yang telah aku aplikasikan, yang lebih spektakuler lagi pelajaran itu dapat aku tanam dalam diriku untuk masa depanku.
Banyak yang telah aku terima dan aku aplikasikan dalam kegiatanku sehari-hari. Blog sederhanaku ini seolah menjadi saksi bisu kehidupan pengajaran yang aku tempuh dimasa-masa SMA.
Salah satu pelajaran dan pengajaran yang paling berharga adalah seluruh pelajaran dan pengajaran yang aku terima dari Sakalist, Smansaka Journalist. Sebuah wadah atau organisasi di sekolahku yang bergelut di bidang jurnalisme. Tak aneh memang, untuk mereka-mereka yang bersekolah di kota besar. Namun, bagi kami yang bersekolah di sekolah daerah tentu ini menjadi hal yang unik dan menarik.
Aku merasa beruntung dapat bergabung dengan tim jurnalisme di sekolahku ini, apalagi aku termasuk ke angkatan pertama yang bisa merasakan asam garam kehidupan jurnalisme, meski hanya di lingkungan sekolah.
Passion ku dalam bidang tulis menulis juga tak bisa aku tutupi, sepertinya passion inilah yang menuntunku pada Sakalist ini. Seolah magnet yang kuat menarik satu sama lain.
 
Sakalist mengajarkanku banyak hal, mulai dari kesabaran, keuletan, kegigihan, ketelitian, bahkan persahabatan. Sakalist sudah seperti pupuk yang sangat manjur digunakan dalam kehidupanku di masa abu-abu.
Kegiatan yang ada didalam Sakalist menjadi rel ku yang menemani perjalananku untuk suatu tujuan. Awalnya, memang aku hanya ingin mengasah kemampuan menulisku saja tetapi seiring dengan berjalannya waktu ternyata banyak bonus yang aku dapatkan ketika menjadi salah satu anggota Sakalist. Apalagi setelah aku resmi menjadi Pemimpin Redaksi dalam wadah jurnalisme sekolah ini. Mengemban jabatan itu serasa mendapat kehormatan yang luar biasa, meski kerjaku seperti koordinator redaktur tetapi senang rasanya. Aku lebih banyak berdiam di kantor redaksi saat aku bertugas. Banyak temanku yang lain meliput acara sekolah dengan membawa banyak alat-alat liputan seperti kamera, tripod, handycam, notebook dan lain sebagainya. Sedangkan aku hanya berdiam diri dalam kantor dengan ditemani komputer atau laptopku saja.
Tapi aku sangat bersyukur akan hal itu, karena aku sadar bahwa segala sesuatu mempunyai sisi kelebihan dan kekurangan. Tho, niatku mengikuti Sakalist ini untuk mengasah kemampuan literariku. Bahkan seharusnya aku bersyukur karena mendapat sebuah posisi yang tepat.
Menjadi seorang Pemimpin Redaksi tak selamanya berdiam diri di kantor redaksi. Terkadang aku mendapat kesempatan dengan bertugas di luar kantor, seperti mewawancarai pejabat sekolah, dari mulai kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang, guru-guru, kepala tata usaha, atau pejabat diluar sekolah sekalipun.
 
Aku pernah mendapat surat tugas dari Bapak kepala sekolah, Bapak H. Maryanto namanya. Ia memberikan mandat khusus pada Sakalist untuk mewawancarai kepala Disdikpora Kab. Kuningan. Aku merasa bangga memang, tetapi itu juga menjadi suatu kondisi yang sangat menegangkan menurutku, bagaimana tidak? Aku belum pernah bertemu dengan orang penting seperti beliau. Tapi aku tak mau menyerah, ketika semua temanku dalam Sakalist ini saling melempar tugas ini satu sama lain, aku sajalah yang mengambilnya. Kepala sekolah memang memberikan surat tugasnya langsung kepadaku, tetapi dalam Sakalist ini ada sebuah aturan pembagian kerja, siapapun yang terbagi jadwal meliput harus meliput. Jika tidak nanti akan masuk kategori dengan nilai C atau cukup pada piagam penghargaan.
Tapi tetap saja ada, seorang anggota yang sulit untuk menselaraskan jadwal belajar dikelas dan berkarya di Sakalist. Jika penyakit ini sedang menjangkit salah satu anggota kami, salah satu diantara kami atau bahkan semuanya wajib memberikan motivasi satu sama lain. Demi terciptanya suatu keadilan dalam belajar berorganisasi dan berkoordinasi dengan kerja sistim tim.
 
Bukan hanya tugas mewawancarai pejabat diluar sekolah saja yang menjadi tugas terberat Sakalist. Sebuah organisasi independen dalam sekolah ini hanya berjumlah delapan orang. Bayangkan! Jika saja ini adalah sebuah media, cikal bakal media besar, tentu jumlah anggota tidak cukup menunjang kegiatan kami dengan jadwal acara sekolah yang seabreg. Itu menjadi tantangan kami, tentu kami hadapi dengan senang hati.
Beruntung, aku ditemani oleh ketujuh temanku yang sangat luar biasa! Aku harap aku dapat melihat teman-temanku yang luar biasa itu menjadi orang-orang yang sukses, amin.
Betapa tidak, mereka selalu menjadi alasanku untuk bertahan di Sakalist. Sistim kerja tim yang kami anut dalam wadah jurnalisme sekolah ini sangat ampuh membantu kewajiban kami dalam memposting kegiatan sekolah. Kami harus meng-cover semua kegiatan sekolah di media cetak dan di media digital. Kami harus menjadi orang-orang di belakang panggung untuk website dan majalah sekolah kami. Tentu itu bukan suatu hal yang mudah, semua tantangan demi tantangan kami lewati bersama-sama. Terlepas dari itu semua, kami juga merasa senang dapat berkontribusi pada sekolah dengan apa yang kami bisa lakukan.
 
Kami juga selalu mendapat suntikan dukungan yang sangat kami butuhkan, karena bagi kami dukungan itu bak suplemen yang dapat mencegah seseorang jatuh sakit. Dukungan itu datang dari pembina kami, Bapak Muhammad Taufiq Munawar namanya. Beliau seorang guru muda yang sangat energik, ramah, baik hati dan tidak sombong. Tak bisa aku pungkiri, kemampuannya dalam berkreasi sangat luar biasa, beliau juga merupakan orang belakang panggung terbentuknya Sakalist ini.
Pak Opik, begitulah aku dan kawan Sakalist memanggilnya, sangat antusias dalam bidang sastra, seni, bahkan bidang seni bela diri sekalipun. Padahal Pak Opik merupakan sarjana strata dua jurusan biologi. Yang aku kagumi adalah kepiawaiannya dalam berkreasi, itu.
Sakalist juga menjadi sebuah Mahakarya beliau, dan yang membuat aku terheran-heran adalah kemampuan bapak pembina kami ini dalam memilih anggota dalam Sakalist beserta tugas-tugasnya dan bahkan jadwal-jadwal liputan. Sifatnya tidak mengatur, namun lebih seperti penunjuk bagi kami untuk menjalankan tugas.
Pak Opik, orangnya tidak suka mengumbar hasil karyanya pada orang lain. Ia tak mau namanya disebut-sebut dalam berbagai prestasi yang telah tertoreh, termasuk di Sakalist itu sendiri. Meskipun Pak Opik sering berkata 'sudah, jangan libatkan nama saya dalam keberhasilan kalian.'
tapi aku tak mau melawan lupa pada sejarah, kenyataan menyebutkan bahwa ide-ide Pak Opik selalu menjadi suatu ide yang brilian. Jika pembaca melihat foto seragam jurnalis diatas, itulah salah satu karya Pak Opik juga, tak banyak yang mengetahuinya memang. Tapi aku tidak bisa menutupi kenyataan.
 
Selain pembina yang luar biasa itu, kami juga mempunyai seorang guru luar biasa. Bapak Maman namanya. Beliau adalah pembina untuk kepenulisan, bisa dibilang beliau adalah seorang editor yang ulung bagi kami, Sakalist atau bahkan siapapun yang pernah membaca tulisannya dan editan tulisannya. Luar biasa! itulah yang dapat menggambarkan beliau dalam keahliannya dalam mengolah kata-kata dan diksi yang bermiliar-miliar adanya.
Beliau merupakan seorang guru yang dipercaya sekolah untuk mengelola majalah sekolah. Semenjak ada Sakalist, beliau mengaku tidak merasa terlalu kerepotan dalam mengumpulkan materi tentang sekolah. Karena itu menjadi special jobs bagi kami.
 
Tak dapat lagi aku menggambarkan Bapak Sakalist yang luar biasa ini. Jujur, aku masih teringat betul tulisan-tulisannya yang sangat indah, syarat akan makna dan yang jelas tidak bertele-tele tetapi selalu tepat sasaran. Aku sering mengatakan bahwa aku adalah salah satu fans terberat Pak Maman dengan tulisannya. Asmanadia sekalipun itu terkalahkan, aku fans berat mbak penulis luar biasa ini dari semenjak aku duduk dikelas satu SMP. Setelah aku membaca tulisan Pak Maman bahkan setelah aku mendapat training kepenulisan oleh Pak Maman, makin cinta lah aku pada Bapak Sakalist yang satu ini. 'takkan fio lupakan pak semua pelajaran yang diberikan cuma-cuma olehmu itu. terima kasih banyak'
 
Selain kedua Bapak Sakalist itu, masih banyak guru yang sangat aku sayangi.. tak tau berapa kata lagi yang harus aku tulis untuk menggambarkan kesanku padamu, guru-guruku..
 
Meski pada awalnya guru-guruku tidak begitu exited pada kegiatanku di Sakalist, tetapi tetap menjadi sebuah pelajaran bagiku dan toh pada akhirnya mereka merasa bangga dengan adanya Sakalist ini.
 
Yang paling aku syukuri adalah, dengan jejakku menempuh karir dengan berkarya di Sakalist dapat meninggalkan Sakalist dengan status barunya setelah dua tahun lamanya aku menjabat menjadi Pemimpin Redaksi akhirnya Sakalist mampu mengemban statusnya menjadi sebuah ekstrakulikuler resmi yang bernaung di OSIS Smansaka. Itu artinya, untuk kedepannya adik-adik anggota Sakalist mendapat nilai tambah disekolah.

Selamat ya adik-adik.. Jaga Sakalist dengan baik.


 
                     Angkatan Pertama SAKALIST              Photo bersama Angkatan Kedua SAKALIST









Pengirim : FIONA ARTHA ADIKUSUMA
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :

Pengirim : anufuxohul -  [ocaigeua@qwkcmail.net]  Tanggal : 13/04/2016
http://canada-onlinekamagra.net/ - Kamagra Online <a href="http://celebrexbuy-noprescription.org/">Celebrex</a> http://online-synthroidthyroxine.com/

Pengirim : sexuqacci -  [isoqawo@qwkcmail.net]  Tanggal : 13/04/2016
http://canada-onlinekamagra.net/ - Kamagra <a href="http://celebrexbuy-noprescription.org/">Celebrex 200 Mg</a> http://online-synthroidthyroxine.com/

Pengirim : ecevlutuucer -  [uvmueokq@dfoofmail.com]  Tanggal : 13/04/2016
http://canada-onlinekamagra.net/ - Kamagra Online <a href="http://celebrexbuy-noprescription.org/">Buy Celecoxib</a> http://online-synthroidthyroxine.com/

Pengirim : iacexixo -  [yayexuri@dfoofmail.com]  Tanggal : 13/04/2016
http://canada-onlinekamagra.net/ - Kamagra Online <a href="http://celebrexbuy-noprescription.org/">Buy Celebrex Online</a> http://online-synthroidthyroxine.com/

Pengirim : ofegorjupah -  [isutomi@asooemail.net]  Tanggal : 18/02/2016
http://buydiflucan-online.org/ - Diflucan Online <a href="http://pharmacyonline-for-sale.com/">Tadalafil Pharmacy</a> http://40mg-lasix-buy.com/

Pengirim : oxgsooonime -  [iqugefepo@asooemail.net]  Tanggal : 18/02/2016
http://buydiflucan-online.org/ - Diflucan Online <a href="http://pharmacyonline-for-sale.com/">Canadian Pharmacy Online</a> http://40mg-lasix-buy.com/

Pengirim : agogegorohfaf -  [abiqpuc@toerkmail.com]  Tanggal : 18/02/2016
http://buydiflucan-online.org/ - Buy Diflucan <a href="http://pharmacyonline-for-sale.com/">Canadian Online Pharmacy</a> http://40mg-lasix-buy.com/

Pengirim : gexajiyo -  [ikaxodu@asdfmail.net]  Tanggal : 18/02/2016
http://buydiflucan-online.org/ - Diflucan <a href="http://pharmacyonline-for-sale.com/">Online Pharmacy</a> http://40mg-lasix-buy.com/

Pengirim : ovafeyoyawec -  [elayuru@asdfmail.net]  Tanggal : 18/02/2016
http://buydiflucan-online.org/ - Buy Fluconazole <a href="http://pharmacyonline-for-sale.com/">Canadian Pharmacy</a> http://40mg-lasix-buy.com/

Pengirim : eluduio -  [etoyiz@toerkmail.com]  Tanggal : 18/02/2016
http://buydiflucan-online.org/ - Fluconazole For Sale <a href="http://pharmacyonline-for-sale.com/">Canadian Pharmacy</a> http://40mg-lasix-buy.com/


   Kembali ke Atas